oleh

Sangat Dinantikan, SBM Janji Kuatkan Peran Pemerintahan Desa di Koltim

KOLTIM – Dalam debat publik Calon Kepala Daerah (Cakada), yang berlangsung seru pada Senin lalu (16/11). Membuahkan Misi yang baik oleh Pasangan Calon (Paslon) Akronim ‘SBM’ (Samsul Bersama Merya), yang sangat di nantikan dalam menguatkan Pemeritahan Desa (Pemdes) yakni pemberdayaan masyarakat melalui program dana stimulus.

Ia menghitung postur APBD, dari Rp. 419 M pertahun dikalikan 133 Desa yang membutuhkan dana, ia akan menggolontorkan dana stimulus sebesar Rp 35 M. Sehingga, ia peruntukan untuk tiap-tiap Desa ialah Rp. 250 jt.

“Ini kita akan atur dalam peraturan Bupati. Nah, disitu bukan hanya penaikan insentif aparat, juga disitu ada imam, tolea bahkan disitu ada petugas-petugas bidan terpencil kita ambilkan dari dana itu dan juga ada pembangunan yang sangat darurat dan mendesak dan tidak terlalu biaya tinggi bisa kita ambilkan dari 250 juta,” jelas Samsul yang juga mantan Birokrasi.

Lanjut ia, dari segi pemanfaatannya program dana stimulus 250 juta itu, sangat besar dalam mengoptimalkan peran Pemdes dan perangkat lainnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat betul-betul bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan di tingkat desa.

“Pemberian dana stimulus ini dalam rangka pemberdayaan, penguatan, untuk meningkatkan peran pemerintah desa untuk memberdayakan masyarakat,” jelasnya.

Reporter : Awal Kurniawan
Editor : Muh. Alpri