oleh

Panglima Hitam TAWON Sultra Himbaukan Pada Seluruh Anggotanya, Lihat Berita Selanjutnya

 

Sultra – Kendari, Polemik viralnya di sosial media Facebook banyaknya permasalahan anggota yang tergabung di dalam organisasi menyalahgunakan atribut seperti menggunakan baju organisasi dengan melakukan tindakan yang tidak terpuji, hal itu membuat salah satu organisasi yaitu Tamalaki Wonua Ndolaki (TAWON) angkat bicara.

Menurut Bang Ahmad dengan nama sapaannya Ahmad Baso mengatakan bahwa Tamalaki Wonua Ndolaki (TAWON) adalah salah satu organisasi pelindung Adat dan Budaya suku Tolaki di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara. Selain itu organisasi TAWON ini juga di Motori oleh 1 (Satu) Komando walaupun jumlah keanggotaannya mencapai ribuan.

Diketahui bahwa Panglima Hitam Tamalaki Wonua Ndolaki (TAWON) dengan namanya Ahmad Baso yang tak asing lagi di wilayah Sultra, Pria tersebut adalah sosok pria yang gagah dan berani. Dalam eksistensinya pun mencatatkan sejarah yang selalu membela, mempertahankan Adat leluhurnya, bahkan mampu melestarikan Budaya hingga menjaga harkat martabat (Marwah) suku Tolaki di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara.

Oleh karena itu Panglima Hitam itu menyampaikan dengan tegas bahwa kepada seluruh anggota yang tergabung didalam organisasi TAWON Sulawesi Tenggara dimana pun berada harus menjunjung tinggi Adat Istiadat dan Budaya suku Tolaki.

“Jangan coba – coba melakukan tindakan yang dapat merusak nama baik organisasi TAWON,” tegasnya.

Ia juga menitik pesan agar semua anggota tetap menjaga sikap dan perbuatan. Yang utamanya adalah jangan sombong atau takabur, hargai sesama manusia dan yang terpenting adalah saling menjaga dan menghargai sesama organisasi.

Selain itu juga Panglima Hitam itu juga selalu mendidik dan mengajarkan kepada seluruh anggota untuk tetap menghargai Kedua Orang Tua, menghargai para toko Adat, harga toko Agama, hargai toko pemuda.

Hal itu diungkapkan oleh ketua atau dikenal dengan sebutan Panglima Hitam Tamalaki Wonua Ndolaki (TAWON) melalui didinging (beranda) akun Facebook cellulernya yang bernama “Ahmad Oleo”. Jum,at, 14 Mey 2021.

Tak lupa Panglima Hitam itu kerap disapa Ahmad Baso menuturkan bahwa berlangsungnya perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah hari ke-2 ia juga mengucapkan selamat hari Idul Fitri.

” Segenap kelurga besar Tamalaki Wonua Ndolaki (TAWON) Sultra mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. TAQABALALLAHU MINNA WAMINKUM, Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” Tutupnya.