Adu Visi Misi Debat Publik di Koltim, SBM Balas Pertanyaan Palson 01 Dengan Santai

Redaksi LiveFaktaNews.Co.Id

KOLTIM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), telah menyukseskan debat publik di Aula Pemda Koltim, dan kedua Pasangan Calon (Paslon) beradu Visi Misi saat debat berlangsung, pada Senin (16/11).

Pantauan media ini, salah satu Paslon Akronim SBM (Samsul Bersama Merya) saat di lontarkan pertanyaan kepada Paslon 01. Mereka terlihat sangat ‘kalem’ menjawab semua pertanyaan yang di berikan.

Saat di segmen ke empat Paslon 01 dipersilahkan bertanya kepada Paslon 02, ia menanyakan strategi apa yang ia akan lakukan untuk memenuhi dari kesepuluh Misi itu, kemudian apa yang dapat ia jalankan dan diharapkan oleh masyarakat Koltim.

Tak lama kemudian, 02 menjawab pertanyaan Paslon 01 dengan ‘tenang’ ia mengungkapkan bahwa seorang pimpinan Bupati harus mempunyai mimpi besar untuk masyarakat dan daerahnya. Oleh karena itu, Visi Misi kami adalah cita-cita luhur yang ia akan tunaikan pada saat masyarakat memberikan amanah kepada mereka untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Koltim.

“Dari Visi Misi ini tentu terinflementasi dari sepuluh misi pertama seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentunya ini adalah kebutuhan dasar, kita ingin memastikan bahwa anak-anak kita tidak ada yang putus sekolah dari SD, SMP, bahkan Sampai SMA,” jawab dia.

Lanjut SBM, kalau ada anak kita yang pintar cerdas dan punya keinginan kuat melanjutkan pendidikan S1, dan orang tuanya tidak mampu, maka Pemda akan hadir memberikan beasiswa untuk anak kita yang cerdas. Karena kita sadari bahwa pembangunan daerah ini akan berhasil dan cepat perkembanganya apabila ditunjang dengan kualitas SDM untuk mencapai Misi.

“Kita akan membangun asrama mahasiswa bagi anak-anak kita yang sementara kuliah di kota Kendari,”ucapnya.

Tak lama kemudian, jawaban yang di paparkan oleh Paslon 02 di ‘sanggah’ Paslon 01 mengatakan SBM mustahil untuk mengimplementasikan Visi Misi itu, dikarenakan anggaran yang sangat terbatas dari pusat.

Disaat itu juga, Paslon 02 sangat ‘rileks’ menjawab pertanyaan Paslon 01 mengungkapkan bahwa pengelolaan keuangan telah diatur melalui undang-undang perbendaharaan dan sudah ada porsi, dan melihat peningkatan SDM ini merupakan kebutuhan dasar.

“Tentu kami jika terpilih nantinya Bupati dan Wakil Bupati tidak menginginkan masyarakat kita tidak bagus kualitasnya. Dan in shaa Allah Sepuluh misi kami ini akan ditunaikan,” paparnya.

Reporter : Awal Kurniawan
Editor : Muh. Alpri

Baca juga -->  Dialog Hari Pahlawan di Koltim, Pemateri Ingatkan Kaum Wanita Jaga Nama Baik R.A Kartini

WARTAWAN