Disdukcapil Perkenalkan Aplikasi Simcard Kepada Masyarakat

Redaksi LFnews

 

Konsel – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tengah memperkenalkan sebuah aplikasi kepada masyarakat, yang diberi nama Simcard (Sistem informasi pencatatan dan pendaftaran penduduk ) secara online dan akan aktif di tahun 2021.

Kadis Dukcapil Konsel, Muh. Yusuf menjelaskan Aplikasi Simcard ini memuat semua kebutuhan-kebutuhan dokumen yang dibutuhkan oleh masyarakat konsel diluar Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Kartu Identitas Anak (KIA)

“Bagi kalangan intelektual bisa mendownload di play store dan efektifnya nanti tahun depan, jadi di Daerah pelosok tidak perlu jauh jauh lagi datang ke kantor,” jelas Yusuf saat menggelar konfrensi pers, Senin 7/12/2020.

Selain memperkenalkan Aplikasi Simcard kepada masyarkat, Disdukcapil juga tengah mengenjot perekaman KTP-el jelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 pada Rabu 9 Desember.

Baca juga -->  Rapat Bamus Dan Evaluasi Bapemperda di Konsel Warnai Kericuhan

“Menjelang pilkada serentak, kami telah berkoordinasi dengan KPU setempat, untuk melakukan pendataan dan perekaman e-KTP bagi warga yang belum memiliki e-KTP,” terangnya.

Menurut Yusuf, Data yang dihimpun KPU Konsel, lalu diberikan ke Disdukcapil kurang lebih 5 ribuan yang belum merekam e-KTP.

” Setelah kami falidasi, yang benar benar belum merekam adalh 4.464 setelah kemudian kita membantu KPU turun merekam dan kita genjot terus dengan sosialisasi tersisia 558, ini yang kemudian masih kita kejar terus, ” Imbuhnya

Dalam kegiatan tersebut. Lanjutnya, Sejauh ini tidak ada kendala termasuk ketersediaan Blangko. Sudah 2 Bulan terakhir Dindukcapil membuka pelayanan sampai Jelang Pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada 9 Desember mendatang. termasuk Hari Sabtu dan minggu dengan tambahan jam kerja.

Baca juga --> 

” hanya terkadang Kesadaran masyarakat untuk merekam dirinya kurang, bagaimana perannya pemerintah desa,PPK,PPS,KPPS untuk menyampaikan sapa sapa yang belum merekam, Papar yusuf.

Dikatakannya, tahun ini Disdukcapil konsel sudah mencapai target di atas rata-rata nasional, selain Kartu Indentitas Anak (KIA). Untuk target nasional Perekeman KTP yaitu 98 persen, Akta kelahiran 92 Persen dan KIA 20 persen

” Alhamdulillah, tahun ini kita sudah mencapai target di atas rata- rata nasional, untuk perekaman KTP kita diposisi 98,09 persen, akta kelahiran kita di posisi 97 persen sedangkan KIA kita masih di posisi 7 persen. Untuk KIA kita memang banyak kendala yang pertama masalah perangkat kemudian kondisi situasi saat ini di masa pandemi Covid 19.” Pungkasnya.

Baca juga -->  Diduga BUMDES Desa Waworaha Diambil Alih Oleh Kades : Ini Tanggapan Masyarakat,

Laporan : Tim

Editor     : Erlik

WARTAWAN