LaNyalla Dorong Pelabuhan Murhum Baubau Jadi Pendukung Perkembangan Aspal Buton

Redaksi LFnews

 

BAUBAU – Tingginya aktivitas Pelabuhan Murhum di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menarik perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, Pelabuhan Murhum bisa menjadi sarana pendukung untuk perkembangan aspal Buton.

Penilaian itu disampaikan LaNyalla saat meninjau Pelabuhan Murhum, Jumat (18/6/2021). LaNyalla menyaksikan langsung perkembangan dan potensi pelabuhan peninggalan Belanda yang menjadi penghubung kawasan Barat dan Timur Indonesia itu.

LaNyalla hadir bersama Ketua Komite III DPD RI Slyviana Murni, senator asal Sultra Amirul Tamim dan Andi Nirwana serta Walikota Baubau AS Tamrin.

Rombongan DPD RI disambut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Baubau, Kapten Dahlan.

Menurut LaNyalla, Pelabuhan Baubau memiliki aktivitas yang sangat tinggi dan terus mengalami peningkatan volume kegiatan bongkar-muat penumpang maupun hewan dalam setiap tahunnya. Kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Baubau tahun 2021 berjumlah 76.358 ton dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 20 unit.

Baca juga -->  Aliansi Masyarakat Desa Watumerembe, Ancam Pemprov Sultra Blokade Jalan Palangga-Kendari

“Meskipun pandemi melanda pelabuhan ini mengalami kenaikan sebesar 0,6 persen atau sebesar 21.477 ton. Ini cukup baik,” ungkap LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, tingginya aktivitas di Pelabuhan Baubau menunjukkan tingginya kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Ia berharap aktivitas ekonomi yang tinggi akan memacu pertumbuhan ekonomi
yang tinggi.

“Dengan begitu diharapkan kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat seiring dengan aktivitas ekonomi yang tidak terganggu oleh wabah Covid-19,” tuturnya.

LaNyalla pun mendorong agar Pelabuhan Baubau bisa menjadi sarana penunjang terhadap kemajuan aspal Buton, yang berpotensi bisa memenuhi kebutuhan aspal nasional. Untuk itu, ia meminta pemerintah meningkatkan infrastruktur di Pelabuhan Baubau.

“Dengan infrastruktur yang memadai, Pelabuhan Murhum Baubau bisa menunjang konektivitas distribusi aspal Buton, yang sedang kita dorong menggantikan aspal minyak seperti yang masih digunakan pemerintah hingga saat ini,” kata LaNyalla.

LaNyalla pun telah menyuarakan agar pemerintah membangun Pabrik Ekstraksi Aspal Buton sehingga kebutuhan aspal nasional bisa di-support dari dalam negeri. Dengan begitu, pemerintah tidak perlu lagi melakukan impor aspal minyak.

Baca juga -->  Dermawan Aceh Salurkan Rp 2 T untuk Bantu Warga Terdampak Covid, Ketua DPD RI Beri Apresiasi

“Perlu diingat, saat ini aspal Buton memiliki cadangan sebanyak 694 juta ton dengan kadar bitumen 15-35% yang diprediksi bisa melayani aspal nasional untuk menyuplai pembangunan jalan nasional selama 330 tahun dengan asumsi kebutuhan aspal nasional sebesar 2 juta ton per tahun,” jelasnya.

Saat ini kebutuhan aspal nasional adalah 1,5 juta ton di mana Indonesia masih harus memenuhi kebutuhan aspal melalui impor aspal minyak sebanyak 1 juta ton per tahun. Aspal Buton dinilai bisa menjadi ‘Tuan Rumah di Negeri Sendiri’ apabila dioptimalkan dengan baik.

“Agar aspal Buton bisa menggantikan aspal minyak impor, perlu terlebih dahulu menjadi aspal Buton ‘full’ ekstrasi sehingga saya mendorong pemerintah membangun Pabrik Ekstraksi Aspal Buton melalui berbagai teknologi yang handal dan ekonomis,” sebut LaNyalla.

Untuk itu, LaNyalla meminta komitmen pemerintah memajukan potensi aspal Buton. Dengan begitu, aspal Buton bisa menyuplai kebutuhan aspal nasional, setidaknya untuk wilayah Indonesia Timur sehingga bisa mengurangi cost pembangunan. (*)

Baca juga -->  Oknum Penyidik Polda Banten Tahan Ibu dan Bayinya dalam Rutan, Ujang Kosasih: Oknum Polisi Itu Tidak Berperikemanusiaan Sama Sekali

 

KETERANGAN FOTO : Ketua DPD RI bersama Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni saat berkunjung ke Pelabuhan Murhum. Rombongan DPD RI langsung diterima oleh Kapten Dahlan, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Baubau (tengah), Jumat, 18 Juni 2021.

WARTAWAN