oleh

Maksimalkan Pembangunan di akhir Jabatannya, Kades Lamparinga Bangun Balai Serba Guna

 

KONUT – Maksimalkan Pembangunan di akhir masa jabatannya, Kepala Desa (Kades) Lamparinga Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara (Konut) membangun Balai Serba Guna.

“Pembangunan balai serba guna yang direncanakan akan selesai paling lambat tanggal 25 Januari 2021, rencananya akan diresmikan oleh Bupati tanggal 30 Januari 2021,” jelas Kades Lamparinga, Masran saat ditemui Livefaktanews.co.id. Senin, 11/01/2021.

Sambung, Marsan menjelaskan di tahun 2020 tak hanya pembangunan balai yang ia bangun, namun ia juga telah membuka Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang Dua kilo meter yang rencananya sudah harus dikerikil akan tetapi anggaran tidak cukup disebabkan adanya refocushing Anggaran.

Baca juga -->  Bertani Nilam, Cara Kades Bangga Rema Hindari Keramaian Cegah corona

” Harusnya pekejaan JUT itu sudah selesai, namun karena adanya refocushing anggaran yang dialihkan untuk penanganan dan pencegahan covid-19. sehingga jalan tersebut direncanakan akan dia tuntaskan di tahun 2021, ” ujar Marsan.

Hal itu, berdasarkan Peraturan Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) tentang salah satu syarat pemberian bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Baca juga -->  Peringatan HUT Konut yang ke-15 Diwarnai dengan Paguyuban

Untuk itu, kata Masran pihaknya kemudian melakukan musyawarah khusus perubahan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk memverifikasi masyarakatnya yang layak dapat bantuan langsung tunai (BLT)

” Dan setelah Pemdes bersama BPD melakukan Verifikasi akhirnya ditetapkanlah penerima tahap satu berjumlah 70 kepala keluarga (KK), ” kata Masran.

Lebih lanjut, Masran menjelaskan ditahap dua dan tiga akhirnya dikurangi penerima BLT DD karena ada sebagian warganya yang terdaftar dibansos dan sebagian mendapatkan kartu prakerja.

Baca juga -->  Kades Horoe Dukung Penuh Adanya Program RTLH di Desanya

” Kemudian ditahap dua dan tiga itu dilakukan pengurangan kepada penerima BLT DD, sebab adanya sebagian warga yang terdaftar sebagai penerima Bansos,” pungkasnya.

Laporan : Andi Akrim
Editor     : Erlik

WARTAWAN