Menggelar Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO), Kades : Saya Sangat Mengapresiasi Kegiatan Bimtek Pengurus Bhayangkari.

Redaksi LFnews

 

SULTRA – Bhayangkari ranting Wakorumba dan Desa Matalagi berkolaborasi menggelar bimbingan tekhnis pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Sekala Rumah Tangga, pelatihan digelar Dibalai Desa Matalangi Kecamatan Wakorumba Kabupaten Buton Utara.

Peserta kegiatan ini terdiri dari Ibu-ibu yang bekerja sebagai pengupas kelapa di Desa tersebut, kegiatan ini” juga dihadiri oleh Kapolsek Wakorumba Iptu Start Widiyarto, S.Kom beserta anggotanya serta anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Hal itu disampaikan Kepala Desa Matalangi Sinar Seju saat memberikan apresiasinya atas kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh pengurus Bhayangkari ranting Wakorumba ini Rabu (20/10/2021).

Selaku Kades, sangat mengapresiasi pengurus Bhayangkari karena tidak hanya mengenalkan VCO tetapi juga mempraktekkan langsung proses pembuatannya sehingga menarik minat masyarakat,” ucapnya.

Kata Kades, sebagai informasi pengurus Bhayangkari mengangkat tema skala rumah tangga untuk memberikan informasi bahwa bahan baku pembuatan VCO ini sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di rumah tangga.

Baca juga -->  Tanggapi Tarung Bebas di Makassar, Ketua DPD RI Berharap Anak Muda Dapat Ruang Kreativitas

Sehingga kedepanya masyarakat Desa Matalangi sudah dapat membuat secara langsung, apalagi bahan bakunya tidak sulit untuk didapatkan.

“Untuk itu saya berharap kepada masyarakat Desa Matalangi khususnya, agar bimbingan tekhnisi yang dilakukan hati ini tentang pengelolaan buah kelapa maupun limbahnya tidak terhenti sampai disini saja,”tutup Kades.

Ditempat yang pengurus Bhayangkari ranting Wakorumba yang di Wakili oleh Ny. Sri Rejeki Mushawir Taba, S.Pi., M.Sc, menyampaikan,”tentang pengetahuan baru mengenai pemanfaatan lain dari Kelapa, selain warga Desa Matalangi hanya memanfaatkan kelapa menjadi kopra saja tetapi masih ada kreasi lain yang dapat dimanfaatkan dari limbah kelapa ini,”ucapnya.L

Lanjut Sri, bahkan sekarang kami bisa tahu bahwa Kelapa juga bisa dijadikan minyak kelapa murni tanpa dipanaskan terlebih dahulu, tidak sama dengan minyak kelapa yang dibuat selama ini oleh Ibu-ibu rumah tangga yang prosesnya dipanaskan lalu diaduk lama dan saya rasa ini merupakan inovasi baru bagi masyarakat Desa Matalangi yang bisa diterapkan, katanya.

Baca juga -->  Di-PHK Sepihak oleh BRI Cabang Medan, Korban Mengadu ke Ketua DPD-RI

Untuk itu VCO sendiri merupakan minyak kelapa murni dari sari pati kelapa yang diproses secara higienis tanpa adanya sentuhan api dan bahan kimia tambahan yang membuat kandungan penting dalam minyak tetap dapat dipertahankan.

Adapun komponen utama dari VCO adalah asam lemak jenuh diantaranya asam laurat, asam miristat, asam kaprilat, asam kaprat dan asam kaproat yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Kemudian manfaat VCO ini juga, dapat langsung dikonsumsi dan juga dapat digunakan untuk menggoreng selain itu VCO juga bisa langsung digunakan dikulit sebagai obat luka dan juga pada wajah dirangkaikan dengan tahapan skincare,”

Lebih lanjut Sri Rezeki Mushawir Taba mengatakan, dari produk VCO ini mengenai peluang usaha yang cukup menjanjikan secara ekonomi, terlebih di Kecamatan Wakorumba khususnya desa Matalagi.

Baca juga -->  Ketua DPD RI Beberkan Kunci Keberhasilan Usaha di Seminar Nasional Kewirausahaan Unsyiah Kuala

Hal ini dikarenakan belum adanya persaingan pasar serta materi langkah-langkah pemasaran yang dapat dimulai dari media sosial hingga apotik atau toko-toko terdekat,” tutupnya.

Diketahui turut hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta toko masyarakat.

Laporan:(*)

WARTAWAN