oleh

Menjalin Sinergitas BPD dan Pemdes Lalowatu Bersama Masyarakat Laksanakan Musyawarah Desa (MUSDES), Pada Tahun Anggaran 2022.

 

KONSEL – Guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan. Pemdes Lalowatu Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (KONSEL). Laksanakan Musdes Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022.

Tujuan diselenggarakannya Musdes, yaitu bertujuan untuk mewujudkan perencanaan pembangunan guna kemajuan Desa” dari segi infrastruktur ekonomi yang merata Sehingga Musdes penting untuk dilaksanakan agar bertujuan menghasilkan sebuah kesepakatan bersama.

Sesuai dengan Permendagri 114 Tahun 2014 serta Permendes 17 Tahun 2019 Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) atau yang sering disingkat dengan RPJMDes.

Baca juga -->  Kasus Kahayan Karyacon, Fachrul Razi Soroti Taipan yang Diduga Mafia Kasus

Demikian disampaikan Kades Lalowatu M. Amin saat membuka acara Musdes yang berlangsung di Balai Desa Lalowatu, Kamis (14/10/2021).

Amin mengatakan,”pentingnya Musdes perencanaan pembangunan atau pun penyusunan RKPDes. Tahun anggaran 2022 yang berlangsung hari ini, yaitu bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama guna kemajuan pembangunan serta kesejahteraan Desa Lalowatu pada khususnya.

“Melalui Musdes itu, selaku Kades hanya dapat menyampaikan kepada masyarakat Lalowatu untuk mengusul apa yang menjadi kebutuhan paling orgen.disetiap wilayah Dusun masing-masing.

“Sehingga apa yang menjadi keputusan Musyawarah hari ini, akan menjadi bahan kami sebagai Pemdes setempat untuk membentuk tim perifikasi, sebab Musdes hari ini belum pinalnya masih ada lagi tahapan yaitu musrembang, Ucap Kades,”

Baca juga -->  Ketua Umum HMI MPO Komisariat Bulan Sabit Bersinergi Menyambut Mahasiswa Baru Di Konsel

Lanjut Kades Amin, ia pun kembali mengingatkan kepada masyarakat Lalowatu yang ikut menghadiri Musdes maupun perwakilan dari tiap Dusun. Agar dalam pengusulan tidak asal mengusul saja,katanya,”

Sehingga apa yang menjadi keputusan hari ini, akan menentukan perkembangan pembangunan maupun Kemakmuran dan kemajuan Desa Lalowatu, untuk itu silahkan masyarakat mengusul apa yang paling prioritas.

“Dan perluh diketahui bersama, Kades menyampaikan kepada masyarakat Desa Lalowatu bahwa segala kegiatan atau program yang akan dijalankan oleh pemdes bukan untuk kepentingan Kades atau perangkat Desa, Tutupnya,”

Baca juga -->  Tanggapi Tarung Bebas di Makassar, Ketua DPD RI Berharap Anak Muda Dapat Ruang Kreativitas

Sebelum acara ditutup Pemdes Lalowatu membagikan bantuan Tengki penyemprot (Handsprayer) secara simbolis kepada masing-masing perwakilan Ketua kelompok Tani.

“Diketahui turut hadir pada saat Musdes. Camat Tinanggea yang di wakili kasi trantib kecamatan Ibu Febriyani SE, Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping Desa Hirman Lasariwu SH, PLD, LPM dan seluruh Toko-toko masyarakat Desa Lalowatu.

Laporan : Yusdar

WARTAWAN