News  

Pemda Konsel Sukses Gelar Vaksinasi Covid-19 Perdana.

Redaksi LFnews

 

KONSEL – Pemerintah telah menetapkan pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana non alam, dan sejak diumumkan kasus konfirmasi pertama, dalam rentang waktu satu bulan seluruh Provinsi telah melaporkan kasus tersebut.

Untuk Provinsi Sulawesi Tenggara update data pertanggal 13 Januari 2021 sebanyak 8.567 kasus terkonfirmasi positif, sembuh 7.279 dan kematian 165 jiwa. Sedangkan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pertanggal 31 Januari 2021 terdapat 395 positif, 230 sembuh dan 14 jiwa kematian.

Adanya kasus tersebut, yang memberi dampak buruk diberbagai sektor, tentunya diperlukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, namun juga intervensi lain yang lebih efektif, yakni melalui upaya vaksinasi.

Olehnya itu, pasca di terimanya 2.800 Vial Vaksin Sinovac tahap pertama dari Pemerintah Provinsi Sultra, dan sebagai upaya mengurangi transmisi penularan covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel menggelar pencanangan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Halaman Rumah Sakit Daerah setempat, Senin (1/2/2021).

Baca juga -->  Pemdes Lalowatu Amin Mengadakan Mesin Penyulingan Nilam Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Kegiatan vaksinasi perdana yang juga bertujuan menurunkan angka kesakitan, kematian, perlindungan serta meningkatkan kekebalan tubuh dari covid-19 ini di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Ir Drs H Sjarif Sajang SE.,M.Si yang sekaligus menjadi peserta pertama vaksinasi.

Selain itu ada 20 Pejabat Publik dan Profesi Tenaga Kesehatan yang turut menjadi penerima vaksin, diantaranya Dandim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, S.I.K, Kepala Kejari Konsel Dr. Aprillana Purba, Ketua Pengadilan Negeri Konsel Endra Hermawan dan pejabat publik lainnya.

Dikesempatan itu, Sekda Konsel H Sjarif Sajang mewakili Bupati Konsel H Surunuddin Dangga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar bersama Pemerintah dan masyarakat untuk terbebas dari pandemi corona, yang pemberiannya telah di awali oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 Januari di Istana Negara.

Baca juga -->  Tidak Becus Tangani Kasus Penculikan Anak, Pimpinan Polri Perlu Evaluasi Aparat Polres Cianjur

Dijelaskannya, pencanangan ini menandai bahwa Konsel siap melaksanakan dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi dengan memastikan setiap sasaran mendapat vaksin lengkap sesuai anjuran dan kualitas pelayanan yang baik.

“Kegiatan ini juga untuk menghilangkan keraguan dan kekhawatiran pada sebagian orang tentang vaksin covid-19, akibat berita hoaks yang beredar luas di tengah masyarakat,”sebutnya.

“Dari sisi kemaslahatan umat, vaksin telah dinilai aman oleh BPOM RI dan dinyatakan Halal oleh MUI, jadi masyarakat jangan ragu lagi,”tambahnya

Untuk itu menutup sambutannya, ia meminta awak media turut berperan aktif dengan turut menginformasikan atau memberitakan kebenaran ke khalayak terkait vaksinasi. Dan dikesempatan itu juga Sekda Sjarif Sajang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pejabat publik yang telah secara sukarela menjadi penerima vaksin perdana yang berjalan lancar, aman dan sukses pada pencanangan kali ini.

Baca juga -->  Rapat Kerja DPD RI dan Menteri ATR/BPN RI Evaluasi Konflik Pertanahan di Daerah dan Reforma Agraria

Sebagai tambahan informasi, dari pantauan media, secara keseluruhan para peserta penerima vaksin tidak ada satupun yang mengalami gejala klinis usai mendapat suntikan vaksin sinovac tersebut. Dimana vaksinasi selanjutnya menyasar Nakes di setiap Puskesmas se-Konawe Selatan.

Laporan : Redaksi

WARTAWAN