oleh

Pemdes Akuni, Gelar Musrembangdes Tahun 2021

 

KONSEL- Pemerintah Desa (Pemdes) Akuni Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bersama BPD, Lembaga Masyarakat Desa dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya di Aula Kantor Desa setempat, (18/01/2021).

Kades Akuni Madamang, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021. Hal ini diselenggarakan sesuai agenda yang telah dijadwalkan.

“Dalam Musrenbang tersebut diutamakan pembahasan prioritas rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 yang dituangkan di dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes),”ujar Madamang.

Baca juga -->  Personil Koramil Wundulako Kawal Petugas Puskesmas Pomalaa Saat Gelar Rapid Test Bagi Para Pedagang dan Pengunjung Pasar Dawi-dawi

Ditegaskan Ardina, bahwa Pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) adalah amanat konstitusi, yakni Undang-undang (UU) Nomor 25 tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang rutin dilaksanakan setiap tahun mulai dari tingkatan desa hingga nasional.

“Musrenbang merupakan forum musyawarah antar warga desa yang memiliki arti penting guna membahas dan menyepakati langkah-langkah perencanaan program dan kegiatan yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan. Oleh karenanya, diharapkan elemen masyarakat serta semua komponen desa dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut,” terangnya.

Baca juga -->  Pemprov Sultra Raih WTP Tujuh kali Secara Berturut Turut

Menurut Kades Ardina, Pelaksanaan Musrenbangdes untuk pembahasan tahun anggaran 2021 ini melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat yang terdiri dari BPD, Kadus, dan RT, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), lembaga adat desa, perwakilan pemuda, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa, serta perwakilan dari kecamatan.

“Musrenbangdes ini dilakukan untuk tujuan mencapai mufakat dan Kades harus mampu menampung segala aspirasi dari masyarakat terkait dengan pembangunan desa yang adil dan merata serta tepat sasaran dan tepat guna,”tegasnya.

Baca juga -->  Warga Kelurahan Ra Raa - Koltim, Kerja Bakti Bersihkan Kali.

Kata Kades Madamang, Musrenbangdes harus dilakukan meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, Karena itu pihak Pemdes tidak mengundang semua pemangku kebijakan, demi mentaati protokol kesehatan.

” Adapun usulan Masyarakat, dalam musrembangdes yakni, pembangunan Sanggar Seni, Lampu Jalan, Kwh Listrik, Water Close (Wc) dan pengadaan Mesin Katinting, ” bebernya.

Laporan : Rizal

Editor     : Erlik

WARTAWAN