News  

Pemdes Ranombayasa, Bentuk Pokja Pemutahiran Data IDM Berbasis SDGs

Redaksi LFnews

 

Konawe Selatan, Life Fakta News – Pemerintah Desa (Pemdes) Ranombayasa Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pembekalan Relawan Kelompok Kerja (Pokja) pemuktahiran, Data IDM berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021 yang diselenggarakan di Desa Ranombayasa Kecamatan.Mowila, Kamis (29/04/2021).

Kades Ranombayasa, Inyoman sukayasa, mengatakan pembekalan SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa Kemiskinan serta ekonomi produktif tumbuh merata dan Desa yang peduli kesehatan lingkungan dan pendidikan, Desa ramah berjejaring sosial tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

” Saya sangat apresiasi kegiatan ini, yang tujuannya berkelanjutan,” jelasnya saat diwawancarai media ini.

Selain itu, sambungnya sistim pendataan yang akurat atau data base Desa yang dimana kedepannya tidak akan lagi terjadi tumpang tindih data SDGs.

Baca juga -->  Sebagai Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di tengah wabah Corona

” Desa merupakan Role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program Dana-Desa Tahun 2021, “terangnya

Ditempat yang sama pedamping Desa Teknik Insfratruktur, Rohadi ST menambahkan simulasi hari ini terkait dari manfaat pendataan SDGs dengan perencanaan pembangunan berkelanjutan.

” Intimnya ini baru awal tetapi ini akan uptudate per enam bulan, jadi hari ini sampai tanggal 31 Mei Desa Melakukan pendataan dengan hasil penetapan dari pendataan jadi statusnnya enam bulan kedepan dan pada langkah berikutnya mengapdate data yang sebelumnya juga cukup bermanfaat sebagai data base Desa,” ujarnya

Terkait data base desa juga sebagai data perencanaan pembangunan,yang kaitannya dengan pemutakhiran Data IDM, yang terkait anggaran Dana-Desa Tahun 2022.

Baca juga -->  Ketua DPD RI: Pengelolaan Limbah Covid-19 Harus Maksimal

Dijelaskan Rohadi, Keterlibatan dari Relawan pendata ini memang dari warga desa setempat yang tau persis kondisi wilayahnya masing-masing sehingga, dari hasil pendataan Real Desa yang masuk dalam sistim on line dikementrian Desa.

“Acuan terbesar data ini adalah sebagai perencanaan pembangunan Nasional dan semua sistim data ini berbasis Aplikasi jadi dalam proses pengimputannya berjenjang,” jelasnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Aci Saputra kalenggo menjelaskan beberapa hal, kepada Tim relawan pendata sesudah melakukan pengambilan data dan dokumentasi

“Contoh di Desa Punggulahi agar bisa meringankan tugas teman-teman dilapangan kami sebagai pendamping Desa akan tetap mengawal Tim Relawan pendata agar semua progres Data bisa sinkron hari ini ada empat visioner yang paling urjen untuk teman-teman khusunya yang lagi mendata kusnade individu dan rumah-tangga dan yang paling penting juga adalah ketika menjalankan tugas tetap menjaga protokol kesehatan Jaga jarak pakai masker cuci tangan,” pungkasnya.

Baca juga -->  Bertemu Pengurus Nasional Pemuda Pancasila, LaNyalla Singgung Dekrit 5 Juli 1959

Laporan : Andi Akrim

WARTAWAN