Pilkada 2020, KPUD Koltim Mulai Siapkan Logistik

Redaksi LiveFaktaNews.Co.Id

KOLTIM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tinggal menghitung hari saja, hal itu membuat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berperan aktif dalam mengurus logistik untuk dipergunakan saat Pilkada nantinya.

Ketua KPUD Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias, mengungkapkan Persediaan logistik mulai berjalan menuju ke Koltim, karena sebelumnya pihak KPUD, Bawaslu, serta Polres Kolaka telah berkunjung ke Kota Jember Provinsi Jawa Timur untuk mengurus surat suara.

banner 728x250

“Untuk surat suara di Koltim telah dipacking dan saat ini telah berada diperjalanan, dan mohon doanya agar seluruh logistik tiba tepat waktu dan tepat jumlah, sehingga kita dapat melaksanakan Pilkada tanpa ada halangan,” ungkap dia saat diwawancara media ini di Aula Pemda saat setelah Debat Publik (17/11).

Baca juga -->  Dialog Hari Pahlawan di Koltim, Pemateri Ingatkan Kaum Wanita Jaga Nama Baik R.A Kartini

Lanjut Suprihaty, untuk pelipatan dan penyortiran kertas suara akan dilakukan dikantor KPUD terlebih dahulu, karena surat suara sangat vital sehingga harus diawasi dengan ketat.

“Surat suara tentunya harus ada penambahan 2,5% untuk menjaga apabila ada hal yang tidak diinginkan, Nah. Penambahan ini diperuntukkan bagi surat suara rusak atau mengganti surat suara karena kesalahan saat pencoblosan,” jelasnya.

Baca juga -->  KPUD Koltim Rangkaikan Lima Panelis Akademisi Saat Debat Publik Besok

Untuk itu, pelipatan kertas suara kata dia, tentunya akan diseleksi sangat ketat, agar yang terlibat tidak boleh ada afiliasi dengan partai tertentu. Dan itu harus dipastikan bahwa orang-orang yang terlibat nanti bukan tim sukses dan bukan tim kampanye.

“Dan semua yang terlibat dalam pelipatan kertas suara diwajibkan untuk di rapid test karena saat ini masih suasana wabah Covid-19 proses yang dilakukan harus betul-betul sesuai standar penanganan Covid-19. Mereka yang sudah di rapid test membawa hasil rapidnya kemudian di ACC menjadi tenaga pelipat suara,” katanya.

Baca juga -->  Sebagai Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di tengah wabah Corona

Reporter : Awal Kurniawan
Editor : Muh. Alpri

WARTAWAN