Sekretaris Satgas Saber Pungli Berikan Penghargaan Kepada PPWI Kabupaten Bogor

Redaksi LFnews

 

Bogor – Sekretaris Satgas Pusat Saber Pungli, Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, S.H., MH., memberikan penghargaan dan apresiasi Menko Polhukam kepada PPWI Kabupaten Bogor, Jumat (29/10/21). Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber dalam sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli yang diinisiasi Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC-PPWI) Kabupaten Bogor.

Selain itu, juga digelar sosialisasi SKB Implementasi UU ITE, dimana kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PPWI Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2021, yang diadakan selama 2 hari. Kegiatan dimulai Jumat-Sabtu (29-30 Oktober 2021) bertempat di Hotel Tjokro 5, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Dalam sambutannya Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul mengatakan, dirinya hadir pada Rakerda DPC-PPWI Kabupaten Bogor mewakili Menko Polhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD. “Saya diutus Pak Menko Polhukam untuk hadir sebagai narasumber di kegiatan Rakercab PPWI Kabupaten Bogor tahun ini, tentunya ini merupakan bentuk apresiasi Pak Menko Polhukam kepada PPWI Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul menyampaikan, yang diutus oleh Menko Polhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, tidak tanggung-tanggung, melainkan pejabat negara selevel Perwira Tinggi (Pati). “Yang diutus Pak Menko Polhukam, bukannya Kombes, bukannya Kolonel, bukannya Bintang Satu, tapi Bintang Dua (sudah Pak Makbul, kamu berangkat ke sana),” ujarnya sembari menirukan ucapan Menko Polhukam Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, yang membuat suasana mencair seketika.

Baca juga -->  Beri Semangat Prajurit TNI-Polri, Kapolri: Pengabdian Terbaik Kepada Bangsa dan Masyarakat di Papua

Pada kesempatan tersebut Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, tidak lupa pula mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke- 93 kepada para hadirin yang hadir. “Kemarin (tanggal 28 Oktober 2021-red), kita baru saja memperingati sumpah pemuda. Mudah-mudahan anak muda sekarang lebih kreatif, banyak ide serta lebih inovatif, sehingga dapat mendorong bangsa kita, menjadi bangsa yang maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Seperti halnya kegiatan Rakercab PPWI Kabupaten Bogor ini, lanjut Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, yang mengangkat tema utama ‘Melalui Rapat Kerja Kita Wujudkan Smart and Good Citizenship’ ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan di dalam Satgas Saber Pungli.

“Satgas Saber Pungli ini dibentuk oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada tahun 2016 lalu. Payung hukumnya adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. Adapun struktur organisasi dari Satgas Saber Pungli diantaranya: Menko Polhukam, selaku penanggung jawab. Di bawahnya itu ada Dansatgas, dijabat oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. Di bawahnya lagi ada saya, sebagai Sekretaris.

Lanjutnya, kalau merujuk ke dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pungli itu adalah meminta sesuatu berupa uang, benda dan sebagainya kepada seseorang, lembaga, perusahaan dan sebagainya tanpa menurut peraturan yang lazim untuk membungkam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga -->  AFORES Peringatkan Adanya Perekrutan Anggota Polisario sebagai Tentara Bayaran di Wilayah Sahel-Sahara

Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul menegaskan, bahwa praktek pungli jika dibiarkan terus terjadi. Maka tidak menutup kemungkinan bangsa ini akan hancur akibat pungli yang terjadi dimana-mana. Oleh karena itu diperlukan upaya pemberantasan yang tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera.

“Pungli harus kita berantas, sok jangan takut untuk melaporkan pelaku pungli. Apa PPWI berani lapor pungli? PPWI harus berani melaporkan kejadian pungli,” ucap orang yang juga menjabat Staf Ahli Menko Polhukam.

Adapun titik-titik rawan pungli menurut Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, dimulai dari kepengurusan akte kelahiran, bidang pendidikan, perizinan dan sertifikat, mencari pekerjaan, skep jabatan, buku nikah, surat pensiun, dan surat kematian. “Yang parahnya, ya itu mengurus surat kematian masih saja dipungli,” sesalnya.

Sementara itu, Ketum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., yang ikut hadir dalam kegiatan bersahaja itu sebagai peninjau mengungkapkan, rasa terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan sehingga bisa mempererat sinergitas yang telah terjalin.

“Semoga hubungan baik ini berkelanjutan, dan pada kesempatan ini saya sampaikan kepada Pak Irjen. Dr. Agung Makbul, bahwa acara puncak dari kegiatan ini adalah HUT PPWI Ke-14 yang jatuh pada tanggal 11 November 2021 mendatang. Dihadiri oleh semua perwakilan dari DPD, DPC, dan Perwakilan PPWI Luar Negeri,” katanya.

Baca juga -->  Kasus Penangkapan Wilson Lalengke Mendunia, Jurnalis Libanon: This is So Bad!

Sebelum sosialisasi ini ditutup dengan sesi foto bersama, Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul terlihat, menandatangani piagam penghargaan untuk diberikan kepada Ketua PPWI Kabupaten Bogor, Wiri Yutruski yang telah menyelenggarakan Sosialisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli.

Dalam kegiatan tersebut selain Ketum PPWI Wilson Lalengke dan Irjen Pol Dr. Agung Makbul, turut pula dihadiri Kapolsek Cisarua, Koramil Cirasua, Perwakilan Pemkab Bogor, Ketua DPC-PPWI Karawang Dede Nurcahya didampingi Sekretaris DPC-PPWI Karawang Neneng JK, Mahasiswa BSI Margonda sebagai peserta sosialisasi, serta tamu undangan lainnya. (Red/Romi/Dwi)

Editor: NJK

WARTAWAN