Tingkatkan Hasil Produksi Tanaman Sorgum H.Tony Herbiansyah Panen Perdana Bersama Masyarakat

Kolaka Timur faktapemberitakorupsi.com – Bupati Kolaka Timur Drs.Tony Herbiansyah,MSi dan rombongan bersama masyarakat panen perdana tanaman sorgum selasa 21/1/2020

Di bawah binaan dinas pertanin, Desa lamunde kecamatan Tinondo terdapat sejumlah 30 hektar lahan yang di kelola oleh beberapa kelompok Tani.

banner 728x250

Selain itu,terdapat juga di Kecamatan Lalolae tepatnya di Desa Talodo sebanyak 15 hektar dan Desa Lalosingi 2 hektar.

Pada sambutannya Lasky paemba,SP mengatakan “awal mula sorgum ini sehingga ber ada di kolaka timur adalah dimana Sebelumnya pak Hamka yang Kami utus untuk mengikuti pelatihan di Bogor,”jelasnya.

Kemudian,Sambung Lasky ” ada sekitar 30 biji yang pak Hamka bawah dan langsung menghadap ke dinas pertanian,tanaman ini sangat bagus dan bermanfaat kata Hamka saat itu serta tanaman ini adalah tanaman yang sabar meski tanpa harus di pupuk,”ungkapnya.

Baca juga -->  BPBD Koltim sosialisaikan Tanggap Bencana Pada Anak Usia Dini.

Masih Kata Dia Tahun ini terdapat 100 hektar bantuan dari pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur untuk mengembangan tanaman sorgum.

Kami berharap kata Lasky “tanaman sorgum dapat menjadi potensi besar diwilayah kabupaten Kolaka Timur,untuk itu kami bersama masyarakat memberikan apresiasi kepada Bupati Kolaka Timur H.Tony Herbiansyah yang telah memberikan perhatian yang besar dalam bidang pertanian” ujarnya.

Sementara itu Bupati kolaka timur pada sambutannya menyampaikan bahwa
Petani itu harus cerdas selain APBN ada 100 hektar yang di anggarankan dari APBD dan dari Partai Nasdem khususnya di Desa Lamunde untuk itu kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan lahan yang kosong yang dapat bermanfaat.

Baca juga -->  Babinsa Wundulako Dampingi Penyaluran BLT Tahap 2

“Saya kata Tony Herbiansyah menginginkan,selain tanam jagung kita juga tanam sorgum dan jadikan koltim menjadi lumbung sorgum,” harapnya.

Lanjutnya,Di kolaka timur akan di jadikan sebagai daerah penangkaran benih untuk menyuplai kabupaten lain yang ada di sulawesi tenggara.

Pada kesempatan itu Tahir salah satu warga(petani sorgum) mengatakan” manfaat tanaman sorgum sangat banyak, selain pengganti makanan, sorgum juga dapat menjadi obat termaksud penyakit jantung,kolestrol,gula,hipertensi, maag akut dan juga penyakit lainnya “ungkapnya.

Baca juga -->  Komisi III DPRD Kolaka Timur Terima Audiensi Awak Media

penulis Marjunus

WARTAWAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *