News  

Tingkatkan Kafasitas Operator, BKAD Kec. Palangga Gelar Pelatihan Siskiudes Versi 2.0.3.

Redaksi LFnews

PALANGGA – livefaktanews.co.id – Dalam rangka meningkatkan Kafasitas para Operator dan Bendahara Desa dalam menggunakan aplikasi Siskiudes terhadap kegiatan administrasi Desa, Badan Koordinasi Antara Desa ( BKAD ) Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara gelar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa ( Siskiudes ) versi 2.0.3, yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Palangga, Selasa 09 Maret 2021.

Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Keuangan Desa versi 2.0.3, dihadiri dan dibuka langsung Kadis DPMD Konsel, yang didampingi Kabid Pemerintahan DPMD, Ketua BKAD Kecamatan Palangga, Pendamping Kecamatan Palangga, PLD, serta Anggota Pelatihan dari 7 Desa, yang masing – masing mengirimkan Pesertanya sebanyak Dua Orang, yakni dari Operator dan Bendaharanya.

banner 728x250

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ), Sajuddin Idris. Dalam sambutannya mengatakan bahwa, sangat apresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BKAD Kecamatan Palangga, dalam rangka peningkatan Kafasitas dan kemampuan Operator dan Bendahara Desa dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara kegiatan administrasi di Desa, ucapnya.

” Kegiatan serupa ini sudah seringkali diselenggarakan, dalam rangka peningkatan mutuh dan kafasitas operator, namun terkadang Masi banyak juga yang salah dalam mengimput data atau membuat laporan, kiranya setiap peserta agar dapat mengikuti secara seksama, sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik”, tegas Kadis sembari berharap.

Baca juga -->  Penantian yang Cukup Panjang Akhirnya Terjawab, Masjid Kelurahan Potoro Akan Segera Dibangun

Kegiatan Pelatihan ini bersipat wajib diikuti untuk dilaksanakan setiap Desa, minimal dapat mengirimkan pesertanya, sehingga pelaporannya kedepan menjadi baik secara administrasi maupun secara online, sehingga dapat dilaksanakan tanpa ada kesalahan lagi, tambahnya.

Kadis menekankan bahwa, jika dalam pelaporan nantinya ada kesalahan maka itu dapat dipertanggung jawabkan oleh masing – masing Desa, sebab Dari Dinas telah membuka ruang untuk seluruh Desa di Kecamatan Palangga mengikuti kegiatan ini, urai Kadis.

Di Akuinya, bahwa, kegiatan ini harusnya dilaksanakan setelah keluar Anggaran Dana Desa, namun karena kegiatan dianggap sangat penting dalam penginputan data secara online, maka dilaksanakan lebih cepat,  sambungnya.

Kegiatan atau pelatihan dalam setiap Desa masing – masing, akan sering dilaksanakan, misalnya pelatihan Aparat Desa, Pelatihan Pengurus Bumdes serta Pelatihan BPD, hal ini dilakukan agar masing – masing dapat mengetahui dan memahami tugas dan fungsinya, sehingga persoalan yang sering muncul antara Kepala Desa dan BPD atau Aparatnya tidak terjadi lagi.

Baca juga -->  Pimpinan Komite 4 DPD RI Terima Audiensi PPWI Bangka Belitung

Hal terpenting diketahui, kata Dia, adalah setiap kegiatan atau programnya agar dimasukan dalam perencanaan yang tertuang kedalam APBDes, guna menghindari kesalahan penggunaan Anggaran dalam setiap Tahun.

Aggaran yang dapat digunakan bukan dari Dana Desa tapi dari APBD, melalu ADD masing – masing untuk menghindari temuan dari Pemeriksa nantinya.

Masi Kadis DPMD, mengingatkan pada seluruh Desa se – Konawe Selatan, agar berhati – hati dalam menggunakan Anggaran 8 % dari Pagu, sebab, menurutnya 8 % tersebut sangat besar, olehnya itu,   sasarannya harus tepat dan jangan terlena dalam mengelolanya, tutup Sajuddin Idris.

Di Tempat yang sama, Ketua BKAD Kecamatan Palangga, Nurahman mengatakan bahwa, Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa ( Siskiudes ) versi 2.0.3, merupakan kegiatan Badan Koordinasi Antara Desa ( BKAD ) Kecamatan Palangga, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan Kafasitas para Operator dan Bendahara Desa se – Kecamatan Palangga, ucapnya.

Baca juga -->  PPWI Dukung Pembubaran Dewan Pers

“Iya, kegiatan ini diselenggarakan oleh BKAD Kecamatan Palangga, untuk para Operator dan Bendahara Desa se – Kecamatan Palangga”, katanya.

Adapun pesertanya dalam Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh semuah Desa se – Kecamatan Palangga, yang masing – masing mengirimkan Operator dan Bendaharanya,  sehingga setiap Desa pesertanya Dua Orang, tambah Nurahman.

Sedangkan sumber Anggarannya, sambungnya, dari Dana Desa Tahun 2021, yang mana dalam pelatihan ini menggandeng Pendamping Kecamatan serta Pemateri Siskiudes dari Dinas DPMD Konawe Selatan, pungkasnya

Laporan : Tim Redaksi

WARTAWAN